Skip to main content

Cara Melatih Merpati POS (Piyik)

Cara Melatih Merpati POS (Piyik)


Hilang sebelum bertanding
( Cara mem-Pomah kan Piyik )

Tentu sangat di sayangkan jika piyik anda hilang saat ngawang perdananya, apalagi piyik tersebut sudah anda tunggu-tunggu kehadirannya dari indukan yg anda yakini kualitasnya, atau piyik hasil beli dari breeder yg kompeten dan reputasinya baik dalam hobi ini. Bagaimana cara merumahkan ( mem-Pomah kan ) piyik merpati pos agar mengurangi resiko hilang saat ngawang perdana?

Sedikit tips dari saya berdasar pengalaman pribadi dan sekedar sharing barangkali menurut anda cocok untuk di coba :

1. Sedini mungkin lepas keluar kandang piyik anda, kalau bisa di saat usianya kurang dari 40 hari, semakin tua maka resiko hilang saat ngawang (terbang) perdana akan semakin tinggi krn otot sayap yg sudah tumbuh kuat untuk terbang lbh jauh.

2. Jemur piyik di sekitar kandang kurang lebih 2 atau 3 hari di pagi hari dan kalau memungkingkan di sore hari tidak perlu lama, cukup 1 jam untuk mengenali lingkungan sekitar kandangnya, kemudian masukkan piyik ke kandang melalui pintu trap.

3. Saat hari ke 3 pastikan cuaca sedang cerah dan mandikan piyik tersebut degan shampoo sampai basah kuyup supaya tidak bisa terbang.

4. Lepaskan piyik tersebut di atas atap kandang atau rumah anda (jika kandang bersebelahan dengan rumah) dan biarkan piyik tersebut berjemur dengan sendirinya. Dia akan butuh waktu lama untuk mengeringkan bulunya sebelum mencoba untuk ngawang.

5. Hari ke 4 biarkan merpati dewasa ngawang (terbang) terlebih dahulu kemudian barulah lepas si piyik tersebut, Karena biasanya saat ngawang pertama di pagi hari, merpati dewasa biasanya terbang lama dan jauh daya jelajahnya dan jika dilepas bersamaan memungkinkan piyik ikut terbang dan hilang karena terbang terlalu jauh.

Alhamdulillah dengan cara itu sampai sekarang kandang saya tidak pernah kehilangan piyik seekor pun saat ngawang perdana, kalau hilang saat latihan atau lomba sering.haha.. Sayang kalau hilang sebelum dia membuktikan kemampuannya.


Comments

  1. trm ksh tipsnya,kl ada tips memilih mpos long distance.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Trik Menjodohkan merpati piyik yang galak

 CARA MENJODOHKAN MERPATI PIYIK YANG GALAK 'Burung dara biasanya dijodohkan atau sudah birahi sekitar bulu piyik tinggal lima helai atau empat, hal yang kita lakukan jika  burung dara masih kategori piyik , pertama kita harus menjinakannya terlebih dahulu, tidak harus jinak banget si, ya minimal dipegang tidak ketakutan seperti meronta-ronta dan mengeluarkan bunyi seperti burung ketakutan "nngukk-nngukk". Caranya Alami; Setelah itu masukan dalam satu kandang (pengeraman) biarkan burung berinteraksi secara sekat. lakukan ini selama 2 hari, insya allah dihari ketiga burung sudah  giring . Jika belum, lakukan pengeraman diperpanjang hingga giring. Cukup dimandikan hingga basah sekali, buang kotoron yang biasanya menempel dibulu dubur dan di kuku-kuku. jangan lupa gunakan sampo anti kutu. jemur dipagi hari hingga kering, lalu isolasi burung (sendirian dikandang). lakukan ini minimal 2 hari sekali selama 1 minggu. Minggu kedua, umbar kedua burung yang ingin dijodoh

Cara Menjodohkan Merpati (KeketKeras)

Cara Menjodohkan merpati (Keket Keras) Baiklah temen - temen saya akan menuliskan tentang Cara Merpati giring Keras yang bisa di bilang  keket  atau  Sanggan   Bagus  . Banyak Artikel yang sudah beredar di  Internet  mengenai  Tip sederhana agar Merpati Giring Keras  , Trik Supaya Merpati Keket  dan  cara supaya Merpati cepat sanggan Bagus  . Merpati kolong  ,  Merpati tinggi  ,  Agar Merpati peliharaan temen - temen dapat memuaskan temen - temen dengan apa yang di inginkan oleh kita semua  , temen - temen harus memperhatikan Langkah yang harus Wajib di Lakukan adalah :  Langkah awal yang harus di lakukan adalah Memilih Kedua Merpati Yang Dewasa  Langkah Kedua Adalah Cari Lah Merpati yang sehat  Langkah ketiga adalah Pilih lah Warna Merpati betina yang di sukai Oleh sang Jantan  Langkah ke empat adalah Pilih Lah Merpati betina yang Lenjeh dan Subur ( bertelur ) Untuk yang jantan ya temen - temen pasti Sudah tau apa bila merpati itu sendiri sudah Berancah itu sudah s