Skip to main content

Cara Menjodohkan Merpati (KeketKeras)

Cara Menjodohkan merpati (Keket Keras)

Baiklah temen - temen saya akan menuliskan tentang Cara Merpati giring Keras yang bisa di bilang keket atau Sanggan Bagus .

Banyak Artikel yang sudah beredar di Internet mengenai Tip sederhana agar Merpati Giring Keras ,Trik Supaya Merpati Keket dan cara supaya Merpati cepat sanggan Bagus .

Agar Merpati peliharaan temen - temen dapat memuaskan temen - temen dengan apa yang di inginkan oleh kita semua  , temen - temen harus memperhatikan Langkah yang harus Wajib di Lakukan adalah : 

  • Langkah awal yang harus di lakukan adalah Memilih Kedua Merpati Yang Dewasa 
  • Langkah Kedua Adalah Cari Lah Merpati yang sehat 
  • Langkah ketiga adalah Pilih lah Warna Merpati betina yang di sukai Oleh sang Jantan 
  • Langkah ke empat adalah Pilih Lah Merpati betina yang Lenjeh dan Subur ( bertelur )
  • Untuk yang jantan ya temen - temen pasti Sudah tau apa bila merpati itu sendiri sudah Berancah itu sudah siap di jodohkan alias Bekur .
Setelah ke lima Persayaratan temen - temen sudah terpenuhi dan hampir mirip yang saya tulis , Maka sepertinya tidak akan meleset apa yang ingin temen -temen inginkan .

Cara Menjodohkan Merpati agar Merpati Giring Keras
Cara Menjodohkan Merpati agar Merpati Giring Keras 
Langkah selanjutnya adalah yang harus temen  - temen lakukan adalah :

  • Memandikan ke dua Merpati tersebut utamakan memandikanya di pagi hari lalu jemur .
  • Pisahkan kedua merpati yang sudah di pandikan tadi Jantan dan Betina lalu usahakan taruh di dua kandang yang berdekatan .
  • Jemur di terik Matahari usahakan di bentang hingga 4 jam .
  • Setelah merpati Jantan dan Betina tersebut kering , maka temen temen harus memindahkan ke kandang Penjodohan atau Boks Kandang Temen temen punya , dan Usahakan jangan di Jodohkan Langsung hingga Malam hari biar lah merpati tersebut terpisah terlebih dahulu .
  • tiba di Malam Hari , temen - temen coba memulai menjodohkan dan mencampur kedua merpati tersebut di Usahakan Pasang Lampu penerang agar merpati bisa melihat saling pandang .
  • Usahakan di malam pertama Penjodohan Merpati dapat Kawin atau bercumbu .
  • Setelah Malam pertama Merpati sudah kawin ataupun hanya mampu bercumbu lirik lirik saja ,tidak masalah dan cari Satu buah Besek Merpati atau Kardus yang temen - temen miliki Lalu sekap .
  • Setelah Penyekapan di lakukan biarkan merpati tersebut hingga siang hari di sekap lalu buka taruh di Boks atau kandang temen - teman sambil di Beri pakan Jagung atau Beras merah .
  • Setelah di beri pakan Lalu Sekap kembali Merpati tersebut .
  • Lakukan ulang untuk malam kedua yang seperti malam pertama temen - temen lakukan yaitu Mengawinkan Merpati di malam hari agar dapat bercumbu kembali dan usahakan berilah Asupan Vitamin B kompleks dan Jamu atau kencur jika jamu tidak memiliki .
  • Setelah malam kedua di lakukan perkawainan dan bercumbu rayu sekap kembali seperti malam pertama yang teman - teman lakukan .
  • Di hari kedua lakukan seperti biasa beri lah pakan di pagi hari dan jemur sebentar agar kondisi merpati temen- temen tetap sehat , dan  lalu taruh di Boks kembali agar terjadi perkawinan kembali dan Makan .
  • Setelah di taruh di Boks di hari kedua Makan dan Kawin , Maka coba mulai lah Pancing Merpati tersebut Dengan memanaskan Merpati Betina di Bekurkan ke Jantan Lain yang Berancah . catatan jangan mencoba teman - teman melepaskan Jantan ke luar kandang karna belum tentu merpati Jantan tersebut memiliki daya respon yang cepat terhadap betina yang baru di jodohkan . 
  • Jika memiliki Respos yang cepat dan reaksi yang Baik terhadap merpati Jantan itu yang di namakan Baru naik giring atau sanggan dan bisa di bilang baru naik keket perdana .
  • Langkah selanjutya yang harus teman - teman lakukan adalah sekap kembali hingga malam hari .
  • Setelah malam ketiga temen - temen harus melakukan perkawinan kembali seperti biasa 
  • oke dech mungkin teman - teman sedikit bingung kenapa Merpati harus di kawinkan dari malam pertama hingga malam ketiga akan saya jelaskan sedikit : di karnakan perkawinan adalah mencampuri sel induk telur yang akan bercampur bakal betina yang subur yang menghasilkan pembuahan telur yang akan memacu Merpati giring keras ( sanggan atau keket ) .
  • Setelah hari ketiga maka lakukan lah Pancingan terhadap Merpati Jantan yang teman - teman miliki supaya bekur ke betina yang anda jodohkan tapi Merpati yang berbeda jangan yang anda jodohkan agar sang jantan dapat marah tehadap sang Betina .
  • jika sang Jantan yang anda jodohkan memiliki Respons yang Baik dan gerak gerik yang ingin melangkah terbang ke sang betina maka anda jangan ragu melepaskanya .
  • jika sang jantan mengejar sang betina yang lumayan cepat maka terjadi lah merpati anda giring Keras , Ops jangan ceroboh dahulu lakukan Pale atas dan ke bawah jarak satu meter terlebih dahulu hingga sang jantan hapal warna betina tsb.
  • di hari ke Empat dan ke lima jangan lakukan jika melihat Merpati anda keket yang baik atau sanggan yang bagus mulailah anda melatih tarik mundur hingga dua Meter agar merpati hapal Betina .
  • Usahakan lakukan seperti hari  ke empat dan ke lima sampai merpati betina tersebut bertelur .
  • jika merpati teman - teman bertelur dan lakukan pengeraman agar merpati istirahat selama satu minggu .
  • Setelah satu minggu maka pengeraman berakhir lalu cabut dan bersihkan kandang dari sarang sarang yang ada di kandang anda . 
  • dan mulailah anda melakukan Langkah awal seperti yang saya jelaskan pertama hingga ke empat dan ke lima kembali , Memandikan , menjemur , menyekap dan seterusnya bla bla bla yang sudah saya jabarkan .
  • Ketika sudah hari kelima maka merpati siap di mainkan yang bisa teman - teman  lakukan di lapangan kesanyangan teman - teman tempat bermain . 
  • Perubahan jika sudah pernah bertelur satu kali biasanya sang Jantan hapal terhadap betina nya dan usahakan melatihya memakai baju warna tidak ganti ganti alias warna yang sama agar merpati tidak lari kemana mana , alias ngacak ngacak lapangan .
Okrek dech temen - temen itu semua yang sudah saya paparkan dan jabarkan mengenai Cara menjodohkan Merpati agar Merpati tsb giring keras dan sebelumnya saya juga sudah menuliskan artikel terkait Cara meracik Jamu Merpati tinggianSekian dulu ya temen - temen  dan terima Kasih, selamat mencoba . 
#SalamDuniaMerpati.com

Comments

Popular posts from this blog

Trik Menjodohkan merpati piyik yang galak

 CARA MENJODOHKAN MERPATI PIYIK YANG GALAK 'Burung dara biasanya dijodohkan atau sudah birahi sekitar bulu piyik tinggal lima helai atau empat, hal yang kita lakukan jika  burung dara masih kategori piyik , pertama kita harus menjinakannya terlebih dahulu, tidak harus jinak banget si, ya minimal dipegang tidak ketakutan seperti meronta-ronta dan mengeluarkan bunyi seperti burung ketakutan "nngukk-nngukk". Caranya Alami; Setelah itu masukan dalam satu kandang (pengeraman) biarkan burung berinteraksi secara sekat. lakukan ini selama 2 hari, insya allah dihari ketiga burung sudah  giring . Jika belum, lakukan pengeraman diperpanjang hingga giring. Cukup dimandikan hingga basah sekali, buang kotoron yang biasanya menempel dibulu dubur dan di kuku-kuku. jangan lupa gunakan sampo anti kutu. jemur dipagi hari hingga kering, lalu isolasi burung (sendirian dikandang). lakukan ini minimal 2 hari sekali selama 1 minggu. Minggu kedua, umbar kedua burung yang ingin dijodoh

Cara Melatih Merpati POS (Piyik)

Cara Melatih Merpati POS (Piyik) Hilang sebelum bertanding ( Cara mem-Pomah kan Piyik ) Tentu sangat di sayangkan jika piyik anda hilang saat ngawang perdananya, apalagi piyik tersebut sudah anda tunggu-tunggu kehadirannya dari indukan yg anda yakini kualitasnya, atau piyik hasil beli dari breeder yg kompeten dan reputasinya baik dalam hobi ini. Bagaimana cara merumahkan ( mem-Pomah kan ) piyik merpati pos agar mengurangi resiko hilang saat ngawang perdana? Sedikit tips dari saya berdasar pengalaman pribadi dan sekedar sharing barangkali menurut anda cocok untuk di coba : 1. Sedini mungkin lepas keluar kandang piyik anda, kalau bisa di saat usianya kurang dari 40 hari, semakin tua maka resiko hilang saat ngawang (terbang) perdana akan semakin tinggi krn otot sayap yg sudah tumbuh kuat untuk terbang lbh jauh. 2. Jemur piyik di sekitar kandang kurang lebih 2 atau 3 hari di pagi hari dan kalau memungkingkan di sore hari tidak perlu lama, cukup 1 jam untuk mengenali lingkungan sekitar