Skip to main content

MACAM MACAM KANDANG MERPATI YANG BAGUS DAN TAHAN LAMA

MACAM MACAM KANDANG MERPATI YANG BAGUS DAN TAHAN LAMA.

Macam-macam kandang merpati

Sejauh yang pernah saya tahu ada tiga macam kandang merpati yang biasa dugunakan  untuk menangkarkan merpati baik itu jenis merpati balap atau merpati hias

1.kandangan umbaran

Untuk kandanaga umbaran hanya perlu didirikan sebuah rumah-rumahan berupa susunan-susunan pagupon (kandang merpati) untuk tempat berteduh dan sebagai sarang ketika sang induk sedang bertelur.
KEGUNAAN KANDANG UMBARAN:

1.merpati lebih  sehat karena disini merpati hidup dengan bebas sehingga pergerakannya pun jadi sangat leluasa.
2.pemberian pakan sangat praktis karena cukup ditebarkan ditanah, pakan akan dihampiri sendiri oleh merpati. Namun agar tidak  berebut dengan piaraan lainya lebih baik diberi satu wadah pakan besar ditempat yang tinggi.
3.pembersihan kandang juga cukup mudah karena merpati terbang kesana kemari dan tidak terus menerus didalam kandang kecuali sedang mengerami atau mengasuh anak.
Kekurangan dari kandang umbaran.
1.karena merpati bebas berterbangan kemanapun mengakibatkan merpati mempunyai sifat liar dan terkadang susah dipegang. Sehingga tidak dianjurkan untuk merpati hias yang mempunyai kualitas kontes.
2.terkadang ada merpati yang merpati bertelur disembarang tempat karena kalah dalam berebut pegupon tempat untuk bertelur.
3.keamanan yang terlalu lemah sehinggga jika merpati yang kita piara dengan kandang ini sangat rawan untuk dicuri orang lain, jadi perlu ronda untuk berjaga-jaga kalau ada maling.

b.kandang koloni

kandang koloni merupakan kandang dengan ukuran yang besar dimana dalam  satu kandang terdiri dari beberapa pasang merpati. Berbeda dengan kandangan umbaran, kalau kandang umbaran merpati dapat terbang bebas kemana pun sedangkan kandang koloni terbatas oleh sebuah pembatas berupa kayu atau kawat.
Kelebihan kandang koloni
1.merpati dalam kandang ini masih bisa bergerak bebas tanpa membawa sifat liar seperti merpati dalam kandung umbaran.
2.pemeliharaannya pun juga lebih simple karena hanya butuh satu dua wadah makan dan minum untuk beberapa pasang merpati
3.birahi dari sang induk menjadi meningkat dengan adanya pasangan lain dalam satu kandang tersebut karena merpati mempunyai sifat setia pada pasangannya dn enggan melepaskan pasangannya ketika ada merpati lain.
Kekurangan kandang koloni
1.Pada kandang koloni masih memungkinkan terjadinya pertarungan perebutan sarang antara merpati satu dengan merpati lainya sehingga kandang ini lebih cocok untuk kandang peremajaan.
2.Jika terdapat merpati yang sakit akan mudah menular ke merpati lainya yang berada dalam satu kandang yang sama. Sehingga harus sering dilakukan kebersihan kandang  dan pengecekan kesehatan agar ketika ada salah satu merpati yang sakit bisa segera diisolasi.

C.KANDANG BATERAI

Kandang merpati yang ukuranya lebih kecil dari kandang pada kandang koloni karena pada kandang ini satu kandang ini satu kandang hanya berisi satu pasang
kelebihan kandang baterai:
1.pada kandang baterai indukkan lebih leluasa dalam produksi karena tidak perlu berebut sarang. Sehingga lebih cocok digunakan untuk kandang indukan.
2.Pengontrolan kesehatan lebih terjaga karena satu kandang hanya terdiri satu pasang merpati saja sehingga mudah diantisipasi jika merpati sedang sakit.
Kekurangan kandang baterai :
1.Biaya pembuatan kandang lebih besar karena satu kandang hanya untuk pasang merpati.
2.Perawatan tidak se simple kandang yang lain, karena pemberian pakan dan pembersihan kandang harusditiap kandang yang hanya berisi satu pasang saja.
NAH,ITU KAWAN MACAM MACAM KANDANG MERPATI YANG BAGUS DAN TAHAN LAMA.

Comments

Popular posts from this blog

Trik Menjodohkan merpati piyik yang galak

 CARA MENJODOHKAN MERPATI PIYIK YANG GALAK 'Burung dara biasanya dijodohkan atau sudah birahi sekitar bulu piyik tinggal lima helai atau empat, hal yang kita lakukan jika  burung dara masih kategori piyik , pertama kita harus menjinakannya terlebih dahulu, tidak harus jinak banget si, ya minimal dipegang tidak ketakutan seperti meronta-ronta dan mengeluarkan bunyi seperti burung ketakutan "nngukk-nngukk". Caranya Alami; Setelah itu masukan dalam satu kandang (pengeraman) biarkan burung berinteraksi secara sekat. lakukan ini selama 2 hari, insya allah dihari ketiga burung sudah  giring . Jika belum, lakukan pengeraman diperpanjang hingga giring. Cukup dimandikan hingga basah sekali, buang kotoron yang biasanya menempel dibulu dubur dan di kuku-kuku. jangan lupa gunakan sampo anti kutu. jemur dipagi hari hingga kering, lalu isolasi burung (sendirian dikandang). lakukan ini minimal 2 hari sekali selama 1 minggu. Minggu kedua, umbar kedua burung yang ingin dijodoh

Cara Melatih Merpati POS (Piyik)

Cara Melatih Merpati POS (Piyik) Hilang sebelum bertanding ( Cara mem-Pomah kan Piyik ) Tentu sangat di sayangkan jika piyik anda hilang saat ngawang perdananya, apalagi piyik tersebut sudah anda tunggu-tunggu kehadirannya dari indukan yg anda yakini kualitasnya, atau piyik hasil beli dari breeder yg kompeten dan reputasinya baik dalam hobi ini. Bagaimana cara merumahkan ( mem-Pomah kan ) piyik merpati pos agar mengurangi resiko hilang saat ngawang perdana? Sedikit tips dari saya berdasar pengalaman pribadi dan sekedar sharing barangkali menurut anda cocok untuk di coba : 1. Sedini mungkin lepas keluar kandang piyik anda, kalau bisa di saat usianya kurang dari 40 hari, semakin tua maka resiko hilang saat ngawang (terbang) perdana akan semakin tinggi krn otot sayap yg sudah tumbuh kuat untuk terbang lbh jauh. 2. Jemur piyik di sekitar kandang kurang lebih 2 atau 3 hari di pagi hari dan kalau memungkingkan di sore hari tidak perlu lama, cukup 1 jam untuk mengenali lingkungan sekitar

Cara Menjodohkan Merpati (KeketKeras)

Cara Menjodohkan merpati (Keket Keras) Baiklah temen - temen saya akan menuliskan tentang Cara Merpati giring Keras yang bisa di bilang  keket  atau  Sanggan   Bagus  . Banyak Artikel yang sudah beredar di  Internet  mengenai  Tip sederhana agar Merpati Giring Keras  , Trik Supaya Merpati Keket  dan  cara supaya Merpati cepat sanggan Bagus  . Merpati kolong  ,  Merpati tinggi  ,  Agar Merpati peliharaan temen - temen dapat memuaskan temen - temen dengan apa yang di inginkan oleh kita semua  , temen - temen harus memperhatikan Langkah yang harus Wajib di Lakukan adalah :  Langkah awal yang harus di lakukan adalah Memilih Kedua Merpati Yang Dewasa  Langkah Kedua Adalah Cari Lah Merpati yang sehat  Langkah ketiga adalah Pilih lah Warna Merpati betina yang di sukai Oleh sang Jantan  Langkah ke empat adalah Pilih Lah Merpati betina yang Lenjeh dan Subur ( bertelur ) Untuk yang jantan ya temen - temen pasti Sudah tau apa bila merpati itu sendiri sudah Berancah itu sudah s